Jepara Gempa berkekuatan 5SR, Getaran terasa hingga Pekalongan

Jepara, Gempa berkekuatan 5 Skala Richter (SR), berdasarkan info dari BMKG, gempa terjadi pada 23 oktober 2015 pukul 01:10 WIB yang berlokasi 26 KM timur laut Jepara dengan kedalaman 14 Km.

Kepala Humas BMKG, Eko Suryanto menginformasikan gempa bumi di Jepara tidak berpotensi tsunami.

“Intensitas gempa dirasakan paling besar di Jepara, sekitar II hingga III MMI (Modified Mercally Intensity–Red). Kalau di Pati sekitar II MMI,” terangnya, Jumat (23/10).

Namun hingga saat ini belum ada laporan resmi mengenai kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa berkekuatan 5 SR yang mengguncang kawasan Jepara tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Lulus Suprayetno mengatakan jika gempa terjadi di Kepulauan Mandalika, Kecamatan Donorojo, Jepara.

Menurut BMKG gempa hanya terjadi selama 20 sampai 50 detik dan BPBD belum mendapat laporan kerusakan akibat gempa.

Lulus menambahkan, petugas sudah dikerahkan untuk menaksir dampaknya ke tujuh lokasi yang warganya merasakan guncangan akibat gempa, khususnya di Kecamatan Donorojo, Keling dan Bangsri.

Hal tersebut untuk meminimalisir kepanikan yang terjadi di masyarakat dan juga memebuat masyarakat merasa aman dengan hadirnya petugas di lokasi yang diguncang gempa.

“Jangan sampai ada kepanikan masyarakat karena gempa tersebut tidak berdampak tsunami,” ujarnya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jepara Gempa berkekuatan 5SR, Getaran terasa hingga Pekalongan"

Post a Comment